Minggu, 08 Desember 2013

GO GREEN~

APA SIH ITU GO GREEN?

Biasanya kata “GO GREEN” sering dihubungkan dengan kata pemanasan global. Pemanasan global adalah proses naiknya suhu rata-rata atmosfer, laut serta daratan bumi.
Kenaikan suhu bumi ini dimungkinkan diakibatkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca akibat dari ulah dan aktivitas manusia itu sendiri.
Mungkin kalian bingung "apa itu gas rumah kaca?"
Gas rumah kaca adalah gas-gas di atmosfir yang menyebabkan efek gas rumah kaca. Gas-gas tersebut sebanarnya muncul secara alami di lingkungan, tetapi dapat juga timbul akibar aktifitas manusia. Contoh sumber gas rumah kaca:
1.uap air
2.CO2 (karbon dioksida)
3.CH4 (metan)
4. Dll

Sedangkan, arti “GO GREEN” perkata adalah : ke hijau
Tapi, dalam arti luas “GO GREEN” berarti ajakan "mari hidup hijau", dengan arti mari kita hidup lebih ramah lingkungan & berbuat sesuatu yg baik untuk bumi. Jadi, kita bisa mencegah terjadinya pemanasan global dengan cara GO GREEN.
Banyak penduduk bumi yang sudah ikut ambil bagian dalam kegiata GO GREEN ini. Meskipun hanya hal kecil seperti menanam pohon di lingkungan rumah atau mengurangi pemakaian bahan plastik, itu adalah sebuah langkah awal bagi kita untuk menyelamatkan bumi ini. Tapi tak sedikit dari para penduduk yang malah mengakibatkan kerusakan itu bertambah, seperti menebang pohon sembarangan.

Saya beranggapan bahwa sebaiknya kita mulai ikut ambil bagian dalam hal menjaga bumi kita ini. Kita sebaiknya mulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu, seperti menghemat penggunaan listrik, menanam pohon, mengurangi penggunaan bahan plastik, tidak boros dalam penggunaan kertas dan air, serta mulai membiasakan diri tidak menggunakan kendaraan bermotor. Jika kita sudah berhasil melakukannya, kita dapat menceritakan pengalaman kita ini kepada orang lain. Dengan berbagi pengalaman kita, orang lain dapat ikut dalam kegiatan GO GREEN tersebut. Sehingga lama kelamaan semua orang bisa melakukan kegiatan tersebut.

Aksi nyata yang saya lakukan adalah saya akan menghemat penggunaan listrik (terutama di kamar saya), air, kertas. Saya juga akan mencoba selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah. Memang itu hanya hal sederhana, tapi jika kita lakukan dengan benar dan terus-menerus itu bisa membuat pengaruh yang baik bagi kehidupan kita mendatang. Kalian jangan lupa melakukan kegiatan GO GREEN ya~ selamat berjuang... ^^



saya menggunakan kertas yang tidak berguna lagi untuk nge-print




0 komentar:

Posting Komentar