Sabtu, 19 Oktober 2013

Larangan penggunaan assesoris bagi siswa putra


LARANGAN MENGGUNAKAN ASSESORIS BAGI SISWA PUTRA

Selama saya bersekolah di SMP PIUS GOMBONG, saya selalu bingung dengan satu pertanyaan, yaitu “Kenapa siswa putra dilarang menggunakan assesoris?” padahal kalau dilihat-lihat menggunakan assesoris seperti gelang untuk anak cowok itu tidak ada salahnnya, karena itu sedang menjadi tren di kalangan anak remaja jaman sekarang.
Tapi saya akan mencoba melihat dari sudut lain tentang larangan bagi siswa putra menggunakan assesoris.

Kenapa sih harus di tetapkan peraturan tersebut?
Agar para murid-murid, terutama siswa putra menjadi lebih rapi dalam berpakaian, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (seperti perampokan).

Apakah peraturan tersebut sudah dilaksanakan dengan baik?
Belum, buktinya kita masih bisa melihat beberapa siswa putra menggunakan gelang ataupun kalung. Walaupun sudah ada yang pernah di sita, tetap saja itu tidak dapat membuat mereka jera.

Apa bukti bahwa siswa putra dilarang menggunakan assesoris?
Adannya peraturan dalam buku tata tertib BAB III PASAL 1 TENTANG LARANGAN BAGI PESERTA DIDIK NO 4, yaitu bahwa siswa putra DILARANG menggunakan assesoris seperti gelang, kalung, atau sejenisnya.

Bagaimana cara guru untuk mengatasi pelanggaran para siswa?
Cara guru untuk mengatasin pelanggaran siswa tersebut adalah dengan pemberian poin 1 kepada siswa yang melakukan pelanggaran dan assesoris yang digunakan tersebut akan disita secara permanen atau sementara (sesuai dengan “PEDOMAN PENILAIAN TERHADAP PELANGGARAN” dalam buku tata tertib tentang berbusana sekolah dan cara berdandan no.10)

"OPINI SISWA PUTRA”
Apa perlu sih di tetapkan peraturan tersebut?
Setelah melakukan survei ke beberapa siswa putra, ternyata antara yang setuju adannya peraturan dan tidak setuju adannya peraturan kedudukannya seimbang. 50% mengatakan “perlu” dan 50% lainnya mengatakan tidak perlu.

Bagaimana tanggapan mereka tentang peraturan tersebut?
Ada yang mengatakan bahwa sebenarnnya siswa putra boleh-boleh saja menggunakan assesoris seperti gelang, asal jangan berlebihan seperti emas, berlian, atau sejenisnnya. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa siswa putra tidak boleh menggunakan gelang atau semacamnnya agar tidak terlihat seperti berandalan atau pun agar tidak terjadi tindak kriminal seperti perampokan yang marak terjadi.
Jadi, apakah perlu siswa putra menggunakan assesoris? Apakah kita harus mengikuti tren? Atau peraturan yang berlaku?

"SARAN SAYA SEBAGAI SALAH SATU SISWA”
Saya menyarankan agar siswa putra diperbolehkan menggunakan assesoris, tapi hanya boleh menggunakan satu saja, tidak lebih. Mereka juga dilarang menggunakan gelang atau kalung yang terbuat dari emas atau semacamnnya, jadi mereka hanya diperbolehkan menggunakan gelang yang terbuat dari plastik yang sedang marak di kalangan remaja saat ini saja.

Demikian kritik dan saran saya sebagai salah satu siswa di SMP PIUS, maaf jika ada kata yang tidak berkenan, saya meminta maaf. Saya juga berharap dengan cretan kecil saya ini dapat membangun relasi yang baik antara guru dan murid. Terima kasih~





0 komentar:

Posting Komentar